Datang dan pergi silih
berganti menjadi hal yang lumrah dalam organisasi mana pun, termasuk di
perusahaan anda. Saat anda memasuki perusahaan baru, anda tentu telah
mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar anda cepat beradaptasi di
lingkungan kerja yang baru.
Bagaimana jika
perusahaan anda memperoleh karyawan baru untuk menduduki jabatan yang
strategis? khususnya jika posisi yang dimaksud adalah menjadi atasan
langsung anda? Apa yang sebaiknya harus anda persiapkan supaya anda dan atasan
baru anda cepat beradaptasi?
Langkah-langkah dibawah
ini bisa menjadi masukan buat anda saat menghadapi atasan baru.
1.
Cari tahu alasan mengapa orang tersebut yang dipilih untuk masuk perusahaan.
Tentunya perusahaan melihat bahwa orang tersebut memiliki kompetensi untuk
memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus yang dimiliki oleh perusahaan. Ataukah ada
alasan lainnya? Pemahaman akan tujuan memberikan titik awal yang baik dalam
membangun hubungan yang harmonis dengan atasan baru.
2.
Dapatkan informasi sebanyak mungkin tentang atasan baru saat ia berada di
kantor lama. Tentunya jika anda telah memiliki jaringan kerja yang baik dengan
profeisonal-profesional di perusahaan lain maka ini menjadi mudah anda lakukan. namun jika tidak maka tunggulah sampai ia bergabung dengan perusahaan anda.
3.
Buatlah kesan pertama yang baik. Membuat kesan pertama yang baik bukan berarti
anda harus menjual diri anda, cukup dengan menunjukkan anda memiliki
integritas, yaitu segala hal baik yang anda ucapkan telah anda lakukan.
4. Di
minggu awal atasan baru bekerja di tempat anda, segeralah membuat janji
pertemuan dengan beliau untuk mendiskusikan hal-hal sbb:
- Apa yang menjadi ruang lingkup pekerjaan anda
- · Gaya manajemen yang diterapkan oleh atasan baru anda
- Bentuk reporting yang dikehendaki dan penyampaiannya
- Informasi apa saja yang ia butuhkan
- Meeting yang bersifat periodic
- Isu-isu penting yang sedang terjadi. Apabila isu tersebut bersifat mendesak, sampaikan rencana apa yang anda miliki untuk menanganinya.
Dengan
mengimplementasikan langkah-langkah diatas, artinya anda tidak hanya bersikap
proaktif namun telah membangun suatu pondasi awal yang sangat baik untuk suatu
hubungan yang harmonis dengan atasan baru anda.
Layaknya memiliki sebuah
kertas putih, dengan atasan yang baru anda berkesempatan menuliskan dari awal
segala hal yang baik dalam pekerjaan anda. Dan tidak semua orang mendapat
kesempatan emas itu. Selamat bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar