
Apakah Anda pernah mendapati suatu tim kerja yang terdiri dari orang-orang pintar tapi kinerja tim nya biasa-biasa saja?hanya sedikit diatas standar minimal. Parahnya jika mereka ini merasa bahwa kualitas demikian adalah normal.
Bagaimana ini bisa terjadi?Kemana semua modal intelektualiatas yang dimiliki oleh tim?
Mari kita bedah satu-persatu.
Suatu tim yang terdiri dari mereka yang pintar, cerdas dan bertanggung jawab tidak akan menjamin terciptanya suatu kinerja tim yang hebat. Masalahnya selalu pada sosok Leader yang memimpin tim tersebut.
Ada 2 kemungkinan Leader yang menghambat kerja tim,yaitu :
Leader yang memiliki kemampuan pas-pasan saja
Leader yang menolak memberi dukungan pada tim.
Untuk yang pertama, leader tidak dituntut harus menguasai semua
detil teknis pelaksanaan kerja yang ada di timnya. Yang harus dikuasai adalah
logika, alur berpikir setiap proses kerja yang ada. Pemahaman yang tepat atas
logika berpikir akan mampu membantu leader untuk mengidentifikasi setiap
potensi masalah. yang dihadapi oleh tim.
Untuk yang kedua, ini adalah kondisi dimana leader dan manajemen
yang buruk yang bisa menghancurkan motivasi karyawannya. Tidak ada jalan lain
apabila leader menginginkan kinerja terbaik maka ia harus mendapat kepercayaan
dari tim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar